Nama: Sadewa Tri Kuncoro

Kelas : 01

                                     

                  Situasi Politik 2022 dan Manuver  Partai Pemerintahan Menuju 2024 



                       Sumber:https: //tirto.id/situasi-politik-2022-apa-manuver-partai-pemerintah-menuju-2024-gm1M 


    Berita ini memberi membahas strategi dan manuver partai-partai politik di dindonesia pada tahun 2022, khususnya yang berada di dalam koalisi pemerintah dalam persiapan menghadapi pemilu 2024. Berita utama ini yang menyorot tentang bagaimana partai-partai tersebut membangun citra, menjalin koalisi, dan menyusun strategi kampanye. selain itu, berita ini juga menyoroti dinamika politik yang mencakup persaingan antar partai, potensi konflik kepentingan, serta bagaimana isu-isu nasional digunakan untuk mengsolidaritaskan dukungan.

Analisa Berita: 

1. Efek media dalam polarisasi politik: Berita ini mengambarkan tentang bagaimana media massa memainkan peran penting dalam membentuk persepsi publik terhadap kandidiat peserta pemilu dan partai politik. Efek terencana muncul ketika pemberitaan tentang isu politik digunakan untuk mempengaruhi opini masyarakat. media dapat memberikan ruang lebih kepada partai tertentu untuk mempromosikan agendany, yang akhirnya menciptakan persepsi/pandangan positif maupun negatif di masyarakat. Efek media terlihat ketika pemberitaan politik dapat memperkuat pendukung tertentu atau mempengaruhi pemilih yang belum memutuskan, informasi yang dikemas oleh media menjadi alat pengerak opini publik.

2. Teori agenda seting: Media memiliki kemampuan untuk menentukan isu-isu yang dianggap penting oleh publik, berita ini menyorot tentang manuver partai politik tertentu sehingga memengaruhi perhatian masyarakat terhadap strategi politik dan kandidat yang akan dipilih pada pemilu tahun 2024.

3. Framing dalam berita politik: Framing dalam berita politik ini yaitu media memberikan sorotan kepada manuver partai koalisi pemerintah, berita ini secara tidak langsung menjelaskan mengenai partai-partai tersebut sebagai pihak yang memiliki kendali terhadap arah politik Indonesia menuju pemilu tahun 2024.

4. Polarisasi politik dan kohesi sosial: Pemberitaan yang menyoroti perpecahan politik dapat memicu polarisasi masyarakat (efek terencana). Partai politik yang saling bersaing dapat memengaruhi kohesi sosial terutama jika perdebatan politik melibatkan isu yang sensitif seperti agama, suku, ras atau etnis.




                  Citayem Fashion week: Awalnya Tempat Nongkrong  Rakyat Jelata, Kini "Diperebutkan Orang Kaya. 

                                              

                      Sumber: https://www.kompas.com/tren/read/2022/07/25/083718865/citayam-fashion-week-awalnya-tempat-nongkrong-rakyat-jelata-kini 


    Berita ini membahas fenomena Citayam Fashion Week (CFW), yang dimulai dari kebiasaan remaja pinggiran Jakarta berkumpul di kawasan Dukuh Atas, Sudirman, Jakarta.  Dengan gaya busana unik, mereka menjadi perhatian publik setelah banyak video dan foto yang diunggah ke media sosial. CFW berkembang menjadi simbol kreativitas remaja Citayam hingga menarik perhatian selebriti, pejabat, dan masyarakat luas. Fenomena ini menunjukkan bagaimana budaya spontan masyarakat bisa menjadi tren nasional yang tidak terduga.

Analisa berita: 

1. Teori uses and gratifications: Fenomena citayam fashion week viral karena warganet terhibur oleh kreativitas remaja Citayam dalam memamerkan busana mereka. Remaja yang melihat citayam fashion week merasa sama dengan gaya hidup mereka sehingga fenomena ini menjadi representasi aspirasi bagi remaja. 

2. Teori media sosial dan viralitas: Fenomena ini menunjukkan bahwa konten sederhana cepat viral di media sosial seperti TikTok dan Instagram dan video mengenai citayam fashion week sangat menghibur warganet.

3. Teori framing: Media Kompas ini menjelaskan fenomena citayam fashion week sebagai simbol kreativitas, inovasi dan keberanian anak muda Citayam untuk mengekspresikan diri mereka lewat fashion atau gaya busana.

4. Teori efek tidak terencana: Citayam fashion week viral secara spontan dari aktivitas remaja Citayam yang kemudian menarik perhatian masyarakat luas selain itu keberadaan selebriti yang ikut berpartisipasi dalam tren ini membuat citayam fashion week semakin viral.